Media Penyiaran


Dosen : Bpk Paulus Widiyanto
Yang terpenting dalam media penyiaran, adalah:
How to get audience
Karena itu media berlomba-lomba memproduksi siaran yang paling diminati audiens.


        Anatomi Media Penyiaran
1.    Lembaga atau Institusi Penyiaran
Dibagi menjadi 3, yaitu:
·  Lembaga penyiaran publik, contoh : TVRI.
·  Lembaga penyiaran swasta, contoh : RCTI, SCTV, ANTV, dan lain-lain.
·  Lembaga penyiaran Komunitas, contoh : Radio Untar.
2.    Badan usaha
Contoh : PT, yayasan, perkumpulan.
3.    Kepemilikan
·  Lembaga penyiaran publik  milik warga Negara.
·  Lembaga penyiaran swasta milik perorangan.
·  Lembaga penyiaran Komunitas milik kelompok orang
4.    Infrastruktur, Frekuensi, Gelombang Elektromagnetik
Dalam hal ini, ITU (international telecommunication union) bertanggung jawab untuk membagi pengalokasian frekuensi.
5.    Content atau isi
Contoh: reality show, news, talk show, movie, dan lain-lain.

Kick Andy, salah satu content media penyiaran

6.    Revenue atau pendapatan
Pendapatan media penyiaran diperoleh dari iklan, sponsor, subscribe (berlangganan), pay, saham.
7.    Market atau Pasar
Berhubungan dengan area, contoh : global, nasional, regional, lokal.
Salah satu system penghitungan yang banyak digunakan untuk menentukan wilayah siaran dalam industri televisi adalah:
·   ADI (Areas of Dominant Influence)
·   DMA (Dominant Market Area)
8.    Audiens
Berhubungan dengan selera dan segmen, contoh : pria atau wanita, anak-anak atau dewasa, dan lain-lain.
9.    Regulator
Adalah badan yang berwenang mengatur dunia penyiaran.
10. Regulasi atau Peraturan
Peraturan yang berlaku dalam dunia penyiaran.
11. SDM
sumber daya manusia yang handal di bidangnya, contoh : tim kreatif, kameramen, wartawan, dan lain-lain.

SDM lembaga penyiaran

Sumber : http://www.gettyimages.com, google.co.id

0 komentar:

Posting Komentar