Dosen : Bpk Paulus Widiyanto
Yang terpenting dalam media penyiaran, adalah:
“How to get audience”
Karena itu media berlomba-lomba memproduksi siaran yang paling diminati audiens.
Anatomi Media Penyiaran
1. Lembaga atau Institusi Penyiaran
Dibagi menjadi 3, yaitu:
· Lembaga penyiaran publik, contoh : TVRI.
· Lembaga penyiaran swasta, contoh : RCTI, SCTV, ANTV, dan lain-lain.
· Lembaga penyiaran Komunitas, contoh : Radio Untar.
2. Badan usaha
Contoh : PT, yayasan, perkumpulan.
3. Kepemilikan
· Lembaga penyiaran publik milik warga Negara.
· Lembaga penyiaran swasta milik perorangan.
· Lembaga penyiaran Komunitas milik kelompok orang
4. Infrastruktur, Frekuensi, Gelombang Elektromagnetik
Dalam hal ini, ITU (international telecommunication union) bertanggung jawab untuk membagi pengalokasian frekuensi.
5. Content atau isi
Contoh: reality show, news, talk show, movie, dan lain-lain.
Kick Andy, salah satu content media penyiaran |
6. Revenue atau pendapatan
Pendapatan media penyiaran diperoleh dari iklan, sponsor, subscribe (berlangganan), pay, saham.
7. Market atau Pasar
Berhubungan dengan area, contoh : global, nasional, regional, lokal.
Salah satu system penghitungan yang banyak digunakan untuk menentukan wilayah siaran dalam industri televisi adalah:
· ADI (Areas of Dominant Influence)
· DMA (Dominant Market Area)
8. Audiens
Berhubungan dengan selera dan segmen, contoh : pria atau wanita, anak-anak atau dewasa, dan lain-lain.
9. Regulator
Adalah badan yang berwenang mengatur dunia penyiaran.
10. Regulasi atau Peraturan
Peraturan yang berlaku dalam dunia penyiaran.
11. SDM
sumber daya manusia yang handal di bidangnya, contoh : tim kreatif, kameramen, wartawan, dan lain-lain.
SDM lembaga penyiaran |
Sumber : http://www.gettyimages.com, google.co.id
0 komentar:
Posting Komentar