The Challenges and Changes in The Media and Communication

Dosen: Bapak Widyatmoko Kukuh Santoyo


"Stone Age did not end because of the lack of stones"


Pentingnya komunikasi terlihat dari semakin inovatifnya perkembangan teknologi komunikasi itu sendiri. kalimat diatas mengambarkan bahwa perubahan tidak terjadi karena habisnya suatu masa, tetapi karena munculnya penemuan baru.


New age message 














  • Before - Each audience > each message
          Today - Different audiences > one message understand by all
  • Before - Internal or external message
          Today - Everything for everyone
  • Before - Shareholder, employess, consumers, general public
          Today - Citizent, netizen, seniors, youth, female, etc


Berdasarkan survei SPS (Serikat Penerbit Surat Kabar), diperoleh hasil:
  • Tayangan yang masih menjual - kriminal, bencana, dan olahraga
  • Menjadi 'IN' - pendidikan, gaya hidup, dan kesehatan
  • Menurun - politik dan bisnis
  • media mulai "melihat dan mendengarkan" audiens era baru   

Berbagai jenis acara televisi


Perkembangan Media 

Communication Media > Social Media

Jika media tradisional menggunakan media cetak dan media broadcast, maka media sosial menggunakan internet. Media sosial mengajak siapa saja yang tertarik untuk berpertisipasi dengan memberi kontribusi dan feedback secara terbuka, memberi komentar, serta membagi informasi dalam waktu yang cepat dan tak terbatas.

Saat teknologi internet dan mobile phone semakin maju maka media sosial pun ikut tumbuh dengan pesat. Kini untuk mengakses facebook atau twitter misalnya, bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja hanya dengan menggunakan sebuah mobile phone. Demikian cepatnya orang bisa mengakses media sosial mengakibatkan terjadinya fenomena besar terhadap arus informasi tidak hanya di negara-negara maju, tetapi juga di Indonesia. Karena kecepatannya media sosial juga mulai tampak menggantikan peranan media massa konvensional dalam menyebarkan berita-berita.

Yang terpenting dalam menghadapi perubahan yang kompetitif dewasa ini, adalah dengan terus mencoba, berpikir positif, dan jangan takut gagal, karena tidak seorangpun dapat meramalkan masa depan, just do it!. 

"Just create, none can predict the future"

Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Media_sosial ; http://www.gettyimages.com ; http://myakise.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar