Dosen : Bpk Iskandar Siahaan
Analisis isi (content analysis) adalah penelitian yang bersifat pembahasan mendalam terhadap isi suatu informasi tertulis atau tercetak dalam media massa. Logika dasar dalam komunikasi, bahwa setiap komunikasi selalu berisi pesan dalam sinyal komunikasinya itu, baik berupa verbal maupun nonverbal. Sejauh ini, makna komuniaksi menjadi amat dominan dalam setiap peristiwa komunikasi.
Analisis isi (content analysis) adalah penelitian yang bersifat pembahasan mendalam terhadap isi suatu informasi tertulis atau tercetak dalam media massa. Logika dasar dalam komunikasi, bahwa setiap komunikasi selalu berisi pesan dalam sinyal komunikasinya itu, baik berupa verbal maupun nonverbal. Sejauh ini, makna komuniaksi menjadi amat dominan dalam setiap peristiwa komunikasi.
Pada kesempatan ini, pak Iskandar mengajak kami untuk melakukan content analysis pada program TV "Jakarta Lawyers Club". Sebuah acara tv yang disajikan oleh tvOne, mengangkat pembahasan-pembahasan yang berkisar antara gejolak politik, sosial, penegakan hukum dan lain-lain.
Acara yang dibawakan bersama pimpinan redaksi tvOne saat ini, bang Karni Ilyas/BangOne dimaksudkan untuk pecerahan masyarakat umum agar didapat informasi yang aktual, tajam, terpercaya dan dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya. Adapun peserta yang hadir antara lain para advokat, KPK, KPU, MK, perwakilan partai politik, unsur Polri, Jaksa dan unsur lainnya yang terkait dengan penegakan hukum dan suasana politik saat ini.
Berikut adalah content analysis dari program tersebut:
1. Topik
kuantitas jumlah topik yang dibahas dalam kurun waktu tertentu.
kuantitas jumlah topik yang dibahas dalam kurun waktu tertentu.
2. Narasumber
Siapa saja narasumbernya, apakah narasumber benar-benar orang yang kompeten.
Siapa saja narasumbernya, apakah narasumber benar-benar orang yang kompeten.
3. Audiens
Audiens yang ada di studio maupun diluar (dirumah).
Audiens yang ada di studio maupun diluar (dirumah).
4. Moderator
Untuk menganalisis moderator kita harus menentukan bentuk idelanya terlebih dahulu, baru mengkonfrontasi dengan kenyataan.
Karni Ilyas, moderator sekaligus host JLC |
5. Sponsor
Apa saja produk atau merek yang dipublikasikan secara sengaja dalam acara,dan mungkin saja ada sponsor terselubung (tidak resmi).
Apa saja produk atau merek yang dipublikasikan secara sengaja dalam acara,dan mungkin saja ada sponsor terselubung (tidak resmi).
6. Jenis acara
Kategori acara (news/talkshow/film/lain-lain), faktual atau non faktual.
Kategori acara (news/talkshow/film/lain-lain), faktual atau non faktual.
7. Format acara
Apakah format acara yang digunakan (dekorasi panggung, besarnya studio, dll) sudah berfungsi secara maksimal.
Apakah format acara yang digunakan (dekorasi panggung, besarnya studio, dll) sudah berfungsi secara maksimal.
8. Alat
Segala hal yang berhubungan dengan peralatan, misalnya: apakah posisi peralatan sudah tepat, sehingga penonton dirumah bisa terasa seperti berada di studio.
Segala hal yang berhubungan dengan peralatan, misalnya: apakah posisi peralatan sudah tepat, sehingga penonton dirumah bisa terasa seperti berada di studio.
9. Durasi
Pengaruh durasi terhadap efektifitas diskusi.
Pengaruh durasi terhadap efektifitas diskusi.
10. Nilai berita
Apakah program Jakarta Lawyers Club memiliki nilai berita seperti, dampak, kedekatan, kualitas, dan unsur berita 5W + 1H.
Sumber :
http://skripsimahasiswa.blogspot.com/2010/11/teknik-analisis-data.html
http://www.facebook.com/jktlawyersclub.byimam?sk=info
http://www.google.co.id
Apakah program Jakarta Lawyers Club memiliki nilai berita seperti, dampak, kedekatan, kualitas, dan unsur berita 5W + 1H.
Sumber :
http://skripsimahasiswa.blogspot.com/2010/11/teknik-analisis-data.html
http://www.facebook.com/jktlawyersclub.byimam?sk=info
http://www.google.co.id
0 komentar:
Posting Komentar